ERROR EXCEPTION HANDLING

Kali ini, kita akan mencoba untuk membuat program yang mengalami crash atau error saat dijalankan, atau biasa disebut degan Exception Handling

a. Exception?

Exception adalah sebuah alur peristiwa yang menjalankan proses pada program, pristiwa tersebut bisa berupa kesalahan atau error pada program yang kita buat, error tersebut bisa terjadi karena beberpa faktor, diantaranya: kesalahan input, jenis format data yang dimasukan salah, peggunaan array yang melebihi batas, dll.

b. Keyword penting dalam Handling Exception

    1. Try

    Keyword ini biasanya digunakan dalam suatu block program. Try digunakan untuk mencoba menjalankan block program kemudian mengenai dimana munculnya kesalahan yang ingin diproses. Keyword ini juga harus dipasangkan dengan keyword catch atau keyword finally. 

    2. Catch

    Kegunaan keyword ini adalah menangkap kesalahan atau bug yang terjadi dalam block try. Setelah menangkap kesalahan yang terjadi maka developer dapat melakukan hal apapun pada block catch sesuai keinginan developer.

    3. Finally

    Keyword ini merupakan keyword yang menunjukan bahwa block program tersebut akan selalu dieksekusi meskipun adanya kesalahan yang muncul atau pun tidak ada.

    4. Throw

    Keyword ini digunakan untuk melemparkan suatu bug yang dibuat secara manual.

    5. Throws

    Keyword throws digunakan dalam suatu method atau kelas yang mungkin menghasilkan suatu kesalahan sehingga perlu ditangkap errornya.

Implementasi Fungsi Try-Catch

Berikut contoh implementasi program menggunakan try and catch

SOURCE CODE

OUTPUT

*exception error karena input datanya mengandung negatif


.
.
.
Terimakasih 😊

Comments

Popular posts from this blog

APP: TRAFFIC LIGHT PROGRAM

PWEB 4 : E-commerce Website with CSS

JAVA APPLET